Labels:

Mempelajari Surat Al-Kausar


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Anak-anakku yang berkemajuan, bagaimana kabarnya? Alhamdulillah. Kita senantiasa bersyukur atas nikmat sehat dan sempat serta karunia iman, Islam dan ihsan. Semoga shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam. Aamiin.

Kita awali pembelajaran jarak jauh online hari ini dengan membaca basmalah bersama. Bismillahirrahmanirrahim.

Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari surat Al-Kausar. Surat yang terpendek dalam Al-Qur'an ini mengandung pelajaran yang berarti untuk anak-anak yang berkemajuan.

Surat Al-Kausar terdiri dari tiga ayat saja dan tergolong surat makkiyah. Secara urutan, surah Al-Kausar menjadi surat yang ke 108.

Al-Kausar sendiri bermakna nikmat yang berlimpah. Seperti diambil dari ayat pertamanya. Secara umum, surat ini berisi perintah dari Allah Subhanahu wa Ta'ala untuk menjalankan ibadah shalat dan melakukan kurban sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Selain itu, melalui surat Al-Kausar juga dapat diperoleh pengetahuan bahwa hanya orang-orang yang beruntung saja yang nantinya dapat meminum air Al-Kausar, sebuah telaga yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam di surga.

Selanjutnya, mari kita membaca, menghafal dan mengkaji surat Al-Kausar agar mampu mengamalkannya dengan baik. Anak-anak dapat mengklik gambar di bawah ini untuk memperbesar ukurannya.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ
innā a'ṭainākal-kauṡar

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ
fa ṣalli lirabbika wan-ḥar

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ
inna syāni`aka huwal-abtar






Nah, menarik, kan. Untuk lebih mendalaminya, Bapak Guru meminta anak-anak untuk melanjutkan membaca buku paket. Terus baca-baca-baca, karena budaya Iqra' adalah aktivitas mulia dan berpahala. Terima kasih. Semoga Allah memberkahi anak-anak dengan ilmu yang bermanfaat dan akhlak yang mulia. Aamiin.

Alhamdulillahirabbil'alamin.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 comments:

 
Lautan Tintaku © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters