Labels:

Mempelajari Surat Ad-Dhuha


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Kita awali dengan membaca basmalah bersama-sama. Bismillahirrahmanirrahim.

Anak-anakku yang berkemajuan, bacaan Surat Ad-Dhuha yang terdiri dari 11 ayat banyak dibaca pada saat shalat Tarawih atau shalat Dhuha, yang merupakan ibadah shalat yang diwasiatkan Nabi Muhammad kepada Abu Hurairah.

Anak-anakku yang berkemajuan, ada satu hadis yang dapat kita renungkan mengenai kewajiban sedekah seluruh persendian, dan sedekah ini dapat digantikan dengan shalat Dhuha.
 
 “Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedekah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah shadaqah ” [HR. Bukhari dan Muslim].

Terdapat hadis dalam shahih Muslim bahwa tubuh kita ini memiliki 360 persendian. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan memiliki 360 persendian.” [HR. Muslim no. 2377]. 

Tentu masih banyak lagi keutamaan dan manfaat dalam ibadah shalat Dhuha. Oleh karena itu, selama liburan ini apakah anak-anak berkemajuan juga masih tetap melaksanakan shalat Dhuha? Semoga tetap istiqamah. Aamiin. 
__________

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai Surat Ad-Dhuha. Semangat ya! Tepuk semangat tiga! Tak dung-dung tak dung-dung. Dang-dang-dang-dang-dang dan seterusnya .... hehehe :)

Selanjutnya, kita baca bersama yuk. Untuk memperbesar gambar di bawah ini, anak-anak dapat mengkliknya. Semangat membaca. Semoga Allah merahmati anak-anak yang membaca dengan bersungguh-sungguh. Aamiin.




Surat Ad-Dhuha

Ayat 1

Ayat 2

Ayat 3

Ayat 4

Ayat 5

Ayat 6

Ayat 7

Ayat 8

Ayat 9

Ayat 10

Ayat 11


Untuk kandungan Surat Ad-Dhuha ayat 9-11 menjelaskan tentang kepedulian sosial: memperhatikan anak yatim dan suka memberi kepada sesama. Kedermawanan merupakan salah satu wujud kesyukuran atas semua nikmat yang diberikan Allah Ta'ala kepada kita.

Bagaimana anak-anak, menarik, kan? Agar dapat lebih jelas dan mendalaminya, Bapak meminta anak-anak melanjutkan membaca buku paket. Terima kasih. Semoga Allah Ta'ala memberkahi kalian dengan ilmu yang bermanfaat dan akhlak yang mulia. Aamiin.


Alhamdulillahirabbil 'alamin. 
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 




Bacaan Surah ad Dhuha yang terdiri dari 11 ayat banyak dibaca pada saat salat tarawih atau salat duha, yang merupakan ibadah salat yang diwasiatkan Nabi Muhammad kepada Abu Hurairah.

Baca selengkapnya di artikel "Bacaan Surah ad Dhuha: Terjemahan, Arab, Latin, & Isi Kandungan", https://tirto.id/fpfS
Bacaan Surah ad Dhuha yang terdiri dari 11 ayat banyak dibaca pada saat salat tarawih atau salat duha, yang merupakan ibadah salat yang diwasiatkan Nabi Muhammad kepada Abu Hurairah.

Baca selengkapnya di artikel "Bacaan Surah ad Dhuha: Terjemahan, Arab, Latin, & Isi Kandungan", https://tirto.id/fpfS

0 comments:

 
Lautan Tintaku © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters