Labels: ,

Mad Thabi'i, Mad Wajib Muttashil & Mad Jaiz Munfashil


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Anak-anakku yang berkemajuan, bagaimana kabarnya? Alhamdulillah. Kita senantiasa bersyukur atas nikmat sehat dan sempat serta karunia iman, Islam dan ihsan. Semoga shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam. Aamiin.

Kita awali pembelajaran jarak jauh online hari ini dengan membaca basmalah bersama. Bismillahirrahmanirrahim.

Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari Mad Thabi'i, Mad Wajib Muttashil dan Mad Jaiz Munfashil.

Mad Thabi'i ialah fathah diikuti alif, kasrah diikuti ya' sukun, dammah diikuti wawu sukun. Panjangnya satu alif atau dua harakat (dua ketukan). Diberi nama mad thabi'i karena madnya berlaku sesuai tabiat aslinya sehingga disebut juga dengan Mad Asli.



________

Mad Wajib Muttashil secara bahasa, mad artinya panjang, muttasil adalah bersambung (dengan hamzah). Jadi, mad wajib muttasil adalah terjadi apabila mad bertemu huruf hamzah dalam satu kalimat. Panjangnya dua alif atau empat harakat.

Mad Jaiz Munfashil secara bahasa, jaiz berarti boleh (dipanjangkan), sedangkan munfasil berarti terpisah. Jadi, jaiz munfasil adalah mad bertemu dengan huruf hamzah (bentuknya huruf alif di lain kalimat). Panjangnya dua alif atau empat harakat (empat ketukan).

Terkait panjang bacaannya antara mad wajib muttashil dan mad jaiz munfashil hendaknya dapat menjaga keserasian. Jika mad wajib muttashil dibaca 4 harakat, maka mad jaiz munfashil juga dibaca 4 harakat. Jika mad wajib muttashil dibaca 5 harakat, maka mad jaiz munfashil juga dibaca 5 harakat.

Selanjutnya, mari kita melihat gambar di bawah ini agar lebih memahaminya. Anak-anak dapat mengklik gambar di bawah ini untuk memperbesar ukurannya.





Terima kasih. Semoga Allah memberkahi anak-anak dengan ilmu yang bermanfaat dan akhlak yang mulia. Aamiin.

Alhamdulillahirabbil'alamin.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 comments:

 
Lautan Tintaku © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters