Labels:

Mempelajari Surat Al-Ma'un dan Surat At-Takatsur


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Anak-anakku yang berkemajuan, bagaimana kabarnya? Alhamdulillah. Kita senantiasa bersyukur atas nikmat sehat dan sempat serta karunia iman, Islam dan ihsan. Semoga shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam. Aamiin.

Kita awali pembelajaran jarak jauh online hari ini dengan membaca basmalah bersama. Bismillahirrahmanirrahim.

Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari surat Al-Ma'un dan surat At-Takatsur. Kedua surat tersebut mengandung pelajaran yang berarti untuk anak-anak yang berkemajuan.

Surat Al-Ma'un adalah surat ke-107 dalam Al-Qur'an yang diturunkan di Mekah. Surat yang artinya 'barang yang berguna' ini menggambarkan orang-orang yang tidak peduli dengan sesama, seperti tidak mau berinfak serta tidak menyantuni anak yatim dan membantu fakir miskin. Orang-orang seperti itu digolongkan sebagai pendusta agama.

Sementara surat At-Takatsur adalah surat yang ke-102 dalam Al-Qur'an. Surat yang artinya 'bermegah-megahan' ini juga tergolong surat makkiyah. Surat At-Takatsur menjelaskan perilaku manusia yang senang bermegah-megahan dalam urusan duniawi sehingga menyebabkan lalai terhadap tujuan hidupnya, yaitu ibadah dan taat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Selanjutnya, mari kita membaca, menghafal dan mengkaji surat Al-Ma'un dan At-Takatsur agar dapat mengamalkan kadungannya dengan baik. Anak-anak dapat mengklik gambar di bawah ini untuk memperbesar ukurannya.









____











Nah, menarik, bukan. Untuk lebih mendalaminya, Bapak Guru meminta anak-anak untuk melanjutkan membaca buku paket. Terus membudayakan aktivitas membaca ya, karena amalan membaca itu banyak manfaatnya. Terima kasih. Semoga Allah memberkahi anak-anak dengan ilmu yang bermanfaat dan akhlak yang mulia. Aamiin.

Alhamdulillahirabbil'alamin.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 comments:

 
Lautan Tintaku © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters