Labels:

On Air “Tazkiyatun Nafs”


Setiap hari senin, JN UKMI UNS mendapat jatah siaran di Hiz FM. Siaran ini merupakan bentuk kerjasama Hiz FM dengan Bidang Media JN UKMI UNS.
Seperti biasa setiap hari senin saya diberi kesempatan menjadi narasumber dialog interaktif, namun baru kali ini merasakan benar-benar siaran, walau sebenarnya sudah sering siaran. Senin, 4 Februari 2013, pukul 16.00 WIB, aku ditemani oleh mbak Hanik dan mbak Intan (Al-Es’af). Hari ini kami membahas tentang “Tazkiyatun Nafs” atau “Pensucian Jiwa.”
Sebelum on air, seperti biasa mbak Ayuk (penyiar hiz fm) membuat status di situs jejaring sosial, facebook mengenai judul materi yang akan dibahas pada dialog interaktif ini. Kemudian adalah pembukaan oleh mbak Ayuk, dan selanjutnya adalah pengantar.
Pengantar mengenai makna tazkiyatun nafs disampaikan oleh mbak Hanik. Ia menyampaikan makna tazkiyatun nafs berdasarkan makna gramatikal dan semantik. Aku takjub mendengar pemaparannya, sangat luar biasa. Memang mbak Hanik merupakan mahasiswa sastra Arab, memang sudah ahli dalam berbahasa Arab.
Kemudian giliran saya memaparkan tentang tazkiyatun nafs, karena ilmu saya masih sangat cetek maka saya membuka kepekan. Hehe… alias membaca buku. Selanjutnya adalah mbak Intan. Subhanallah, aku takjub, walau pertama kali siaran beliau sangat keren dalam menyampaikan ilmunya. Salut dech buat mbak Intan.
Di luar dugaan!
SMS berdatangan melebihi kuota, beda dari biasanya. Kalau biasanya, status di fb hiz banyak yang ngelike, dan SMS paling juga cuma dua orang. Kali ini beda, fb sedikit sekali yang ngelike dan SMSnya banyak banget.
Deg-degan?
Ya, kami sangat deg-degan karena ini tidak biasa, kami takut kalau kami tidak bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Namun, deg-degan kami terhenti ketika membaca SMS-SMS yang masuk. Kami pun memilih menahan tawa, karena SMS-SMS yang masuk lucu-lucu, bagi kami.
Berbicara masalah “Pensucian Jiwa” memang tidak lepas dari segumpal daging yang ada pada tubuh kita, apabila ia baik, maka baiklah semuanya dan apabila ia buruk maka buruklah semuanya, segumpal daging itu adalah hati. Tidak lepas juga dengan yang namanya “CINTA.”
Banyak SMS yang datang menanyakan perihal pacaran, menikah, sampai sholat tetapi yang ada dalam pikirannya adalah akhwat sholihah. Ada juga yang SMS, “Semoga istri saya nanti sholihah seperti ukhti-ukhti yang siaran. Aamiin.”
GUBRAAKKK!
Kami berempat “tersenyum tipis” antara GR dan mengelus dada. Huft, dalam menyampaikan tentang tazkiyatun nafs, kita sudah diuji sedemikian rupa. Semoga Allah selalu melindungi kami. Aamiin.
Kami sempat ngos-ngosan menjawab SMS-SMS tersebut. Tapi kami sangat senang. JN UKMI, Dekat Bermanfaat.
Media!
Changes The World!
^_^

Jangan lewatkan siarannya JN UKMI di Hiz FM 101.7 tiap hari senin pukul 16.00 WIB. Kami sangat mengharapkan partisipasinya ke nomor 0818261014.

Silahkan didownload



0 comments:

 
Lautan Tintaku © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters