Labels: ,

Investasi Ilmu


Hal yang pertama kali muncul dibenak kita berkaitan dengan investasi adalah UANG atau HARTA (Emas, Tanah, Berlian, dan sebagainya). Pernahkah kita berpikir tentang investasi ilmu???

Menurut saya, ilmu merupakan investasi yang sangat luar biasa besar manfaatnya. Kalau berbicara investasi uang atau harta kekayaan, pasti kita juga akan membahas tentang untung dan rugi. Namun, ketika kita berbicara ilmu sebagai investasi, kita hanya akan membahas tentang keuntungan, keuntungan, dan lagi-lagi tentang keuntungan.

“Sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, mereka hanyalah mewariskan ilmu. Barangsiapa yang mengambilnya, maka dia telah memperoleh keberuntungan yang banyak.” (HR. Abu Dawud)

Kawan, beruntunglah kalian yang bisa berinvestasi dengan ilmu. Seberapa mahal pun harga sebuah ilmu, orangtua kalian rela membanting tulang agar bisa membiayai kalian dan agar kalian menjadi orang-orang berilmu. Mereka sadar, karena ilmu adalah PENTING. Ilmu merupakan salah satu bagian dari tiga amalan yang tidak akan pernah putus sampai kita mati.

Bahkan Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang berilmu beberapa derajat seperti dalam firman-Nya:
"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu berlapang-lapanglah pada majlis-majlis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan melapangkan bagi kamu. Dan jika dikatakan kepada kamu ; Berdirilah ! ", maka berdirilah Allah akan mengangkat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang~rang yang diberi ilmu beberapa derajat ; Dan Allah dengan apapun yang kamu kerjakan adalah Maha Mengetahui." (QS.Al Mujadalah:11)

Ilmu akan selalu memberikan kemaslahatan bagi diri sendiri, keluarga, agama dan bangsa. Dengan ilmu, atas izin Allah kita akan mendapatkan segalanya.

Orang yang berilmu yang akan mendapatkan seluruh kebaikan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang Allah kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang agama.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maka menjadi penting ketika kita harus berinvestasi dengan ilmu mulai dari sekarang. Tidak hanya ilmu dunia tetapi juga ilmu akhirat. Kebanyakan dari kita terlalu bangga dengan ilmu-ilmu keduniawian hingga meremehkan ilmu-ilmu keakhiratan, ada juga yang terlalu bangga dengan ilmu-ilmu keakhiratan dan melalaikan ilmu keduniawian. Padahal kedua-duanya amatlah penting.

Hadits Riwayat Muslim  
”Barang siapa ingin meraih dunia, maka raihlah dengan ilmu. Barang siapa ingin meraih akhirat maka raihlah dengan ilmu. Barang siapa ingin meraih keduanya maka raihlah dengan ilmu.”

Allah pun akan memudahkan jalan menuju surga bagi orang-orang yang berilmu.

Hadits Riwayat Muslim   
”Barang siapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.”

Tapi terkadang sangat disayangkan, mereka yang berkesempatan luas mendapatkan ilmu malah tanpa sadar ditolak mentah-mentah. Mereka hanya mengejar IP atau nilai dan mengabaikan sebuah proses. Astaghfirulloh. Segala macam cara dilakukan untuk mendapatkan sebuah ijazah bernilai bagus nan mentereng, mendapat gelar namun tidak memahami ilmu-ilmu itu dengan baik. 

Yuk, saatnya ubah pikiran kita tentang investasi. Investasi tidak perlu bermodalkan uang kok, cukup dengan ilmu, ilmu bisa diperoleh di mana saja dan kapan saja kan?

Bisa juga lihat di sini! 

0 comments:

 
Lautan Tintaku © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters