Labels: ,

Muslimah Disayang Rasulullah? Yuuks!

Menjadi muslimah yang disayang Rasulullah itu wajib. Menjadi sholihah itu harus! Memang mungkin sulit menjadi seorang wanita sholihah, namun kita harus selalu berusaha menjadi perhiasan dunia yang paling indah, yaitu menjadi wanita sholihah yang disayangi Rasulullah.
Beberapa waktu yang lalu, saya mengadakan kajian mandiri. Materinya diambil dari apa yang telah diutarakan oleh almarhumah Ustadzah Yoyoh Yusroh mengenai "Menjadi Muslimah yang Disayangi Rasulullah." Ok, bagaimana sich caranya biar kita dicintai oleh sang manusia sempurna pilihan Allah ini???
Wanita sebagai Faqihah Lidiiniha, seorang muslimah hendaknya faqih (paham) terhadap agamanya. Setelah itu ia harus mengamalkannya sesuai tuntunan Rasulullah. Muslimah juga harus selalu belajar dan memperkaya diri dengan terus belajar dari guru yang jujur, lewat kajian-kajian syar'i, dan tak lupa untuk menyampaikannya kembali. Ingat, Rasulullah pernah berpesan,"Sampaikanlah walau hanya satu ayat!" Dahulu kala banyak anggapan bahwa wanita itu tidak perlu belajar tinggi-tinggi, toh ujung-ujungnya juga di kasur, dapur dan sumur. Huft, saya paling tidak setuju dengan persepsi itu, sempit sekali pemikirannya. Memang kodrat muslimah itu berada di ranah 3Ur(Kasur, dapur, sumur) tadi, tapi bukankah seorang muslimah itu juga diwajibkan untuk menuntut ilmu? Apalagi seorang wanita atau muslimah itu merupakan madrasah pertama untuk anak-anaknya kelak. Seorang muslimah yang telah berkeluarga hendaknya mengupayakan kesuksesan dalam mendidik anak-anaknya. Yang belum berkeluarga pun seharusnya mempelajari bagaimana cara mendidik anak dalam Islam, karena ilmu tersebut fardhu 'ain, hukumnya sama seperti kalau mempelajari sholat, mempelajari wudhu, shoum, dan lainnya. Maka, muslimah itu harus cerdas dan terampil dalam segala hal.
Sebagai aktivis dakwah, kepedulian kita tidak hanya pada masalah eksternal tetapi juga masalah internal keluarga. Maka jangan melulu berdakwah untuk orang lain sedang keluarga dilupakan dan tidak dipedulikan.
Lalu terakhir yang ingin saya sampaikan yaitu mengenai naafi'ah fi taqyiiri biiatiha. Seorang muslimah harus selalu peduli dengan lingkungannya. harus selalu membuka mata dan telinga untuk mengetahui kondisi lingkungannya, berusaha menjadu unsur perubah dalam lingkungan, menjadi sosok inspiratif.

So, semangat kawaaaaan! Bismillah, ayooo jadi muslimah yang disayang Rasulullah!

Oleh: Novitasari Mustaqimatul Haliyah
Sumber: Kajian Mandiri melalui Bunga Rampai

0 comments:

 
Lautan Tintaku © 2012 | Designed by Canvas Art, in collaboration with Business Listings , Radio stations and Corporate Office Headquarters